Oleh: promohaji | Mei 26, 2010

BIAYA ONH 2010 SEGERA DI UMUMKAN


Komisi VIII DPR menargetkan besaran biaya pelaksanaan ibadah haji (BPIH) 2010 sudah bisa ditetapkan awal Juni ini.Saat ini pembahasan penurunan BPIH masih terus dilakukan.
Anggota Komisi VIII DPR Abdillah Fauzi mengatakan, Komisi VIII sebenarnya sangat mendukung jika BPIH tahun ini bisa turun. Usulan penurunan ini bahkan sudah dilontarkan Komisi VIII sejak sekitar dua pekan lalu. Penurunan tersebut, kata dia, tidak hanya pada harga tiket bagi jamaah haji, tapi juga pada empat komponen utama yakni biaya transportasi udara, biaya pemondokan, biaya katering, dan biaya transportasi lokal.
“Dengan menurunkan biaya pada empat komponen tersebut,Komisi VIII optimistis BPIH secara keseluruhan bisa diturunkan secara signifikan,” tegas Abdillah di Gedung DPR Jakarta kemarin. Senada diungkapkan anggota Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis. Menurut dia, saat ini Komisi VIII masih terus membahas usulan penurunan BPIH secara keseluruhan.
“Nilai penurunannya memang belum diputuskan sebab Komisi VIII baru membahas komponenkomponen yang biayanya bisa diturunkan dengan pihak-pihak terkait,” ungkapnya. Menurut Iskan, dari ratusan komponen BPIH yang ada,Komisi VIII akan mulai membahas satu persatu.Terutama terhadap komponen yang diperkirakan bisa diturunkan sehingga BPIH secara keseluruhan bisa turun.
Berdasarkan hasil survei Komisi VIII,ada empat komponen utama yang biayanya terlalu tinggi dan bisa diturunkan yakni transportasi udara, pemondokan, katering, dan transportasi lokal di Arab Saudi. ”Komponen-komponen ini akan dibahas lagi saat rapat bersama dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan.Ini untuk menyepakati komponen apa saja yang biayanya bisa diturunkan dan berapa besar penurunnya,” ujarnya.
Terkait permintaan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali agar harga tiket jamaah haji bisa diturunkan minimal USD150,menurut Iskan, hal itu hanya salah satu dari satu subkomponen yang diusulkan Komisi VIII DPR. Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR Abdul Kadir Karding menyatakan, Tim Panja BPIH DPR berencana melakukan kunjungan lapangan ke Arab Saudi untuk memantau proses persiapan penyelenggaraan haji tahun ini.
”Pantauan ini dilakukan sebelum BPIH disahkan. Panja mau melihat sejauh mana proses persiapan penyelenggaraan haji,”kata Karding. Panja BPIH ini, ujarnya, akan dibagi menjadi dua tim dengan total anggota 28 orang.Tahap pertama tim akan mengecek persiapan pemondokan,katering,dan transportasi haji di Arab Saudi.“Rencananya kunjungan ini dijadwalkan 28 Mei-3 Juni 2010,”paparnya.
Mengenai pembahasan BPIH, Karding mengaku,pekan ini sudah memasuki bagian-bagian akhir. Panja BPIH sudah meminta masukan berbagai pihak.“Diperkirakan pengesahan BPIH paling lambat pada 9 Juni 2010,”tegasnya. Anggota Panja BPIH DPR Jazuli Juwaini menyatakan, pihaknya menargetkan besaran BPIH tahun ini sudah disahkan sebelum masa reses. “Targetnya awal Juni bisa selesai. Kita ingin kira-kira tanggal 10 Juni,” ungkap Jazuli, seoperti diungkaop Sindo edisi Rabu, 26 Mei hari ini.
Namun,sebelum memutuskan besaran BPIH, panja akan meminta masukan-masukan dari berbagai pihak terlebih dulu. Sebelumnya Menag Suryadharma Ali meminta agar tiket jamaah haji bisa diturunkan minimal USD150. Dengan penurunan ini, BPIH bisa turun tanpa mengurangi kualitas pelayanan. “Saya minta DPR bisa menurunkan minimal USD150. Ongkos naik haji bisa turun signifikan bila biaya tiket bisa ditekan.
Sementara pemerintah terus meningkatkan pelayanan haji yang lebih baik lagi,”ungkapnya. Alasan permintaan penurunan tiket haji,ungkap Suryadharma, didasarkan pertimbangan bahwa komponen biaya penerbangan masih bisa ditekan dengan mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu. Selain itu,jumlah maskapai penerbangan yang akan melayani jamaah haji juga bertambah sehingga ada persaingan.
Suryadharma juga mengapresiasi langkah Menteri Perhubungan Freddy Numberi dan Komisi VIII DPR yang meminta calon maskapai haji menurunkan margin keuntungan. Berdasarkan perhitungan Garuda Indonesia, masing-masing jamaah haji tahun ini dikenakan biaya angkutan sebesar USD1.754. Angka itu, lanjut Suryadharma, memperhitungkan biaya angkutan haji dasar sebesar USD1.595 plus margin keuntungan bagi Garuda sebesar 10%. (*) (sumber http://informasihaji.com/)


Responses

  1. Tentunya kami rakyat sangat gembira sekaligus bangga atas upaya pihak pemerintah dalam hal ini Menag dan DPR khususnya komisis VIII, dari kenyataan bahwa yang berangkat haji tersebut tidak semua karena mampu. Semoga dapat terwujud sebagaimana harapan sehingga benar-benar pemerintah dapat melaksanakan fungsi dan peran sebagai abdi negara.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

PROGRAM UMROH DAN HAJI PLUS 2017

Cara Mudah dan Murah Berangkat ke Baitullah melalui Program Kemitraan Syariah "Program Tabungan Umroh MMBA" PT Multazam Mulia Berkah Abadi Wujudkan Impian Anda Ke Tanah Suci Mekkah Al-Mukarromah

PROGRAM UMROH DAN HAJI PLUS 2017

Cara Mudah dan Murah Berangkat ke Baitullah melalui Program Kemitraan Syariah "Program Tabungan Umroh MMBA" PT Multazam Mulia Berkah Abadi Wujudkan Impian Anda Ke Tanah Suci Mekkah Al-Mukarromah

%d blogger menyukai ini: